SABAR ADALAH KEKUATAN

Created on Wednesday, 24 July 2013

 

SABAR ADALAH KEKUATAN..............                  

 

Bismillahhirrahmaanirrahiim.......

 

Tidak ada orang yang bisa disebut SABAR bila sikapnya menolak atau menghelak berdiri bersama permasalahan yang tidak mengenakan dihati. Ingatlah.... Kekuatan karang ditepi pantai akan bertambah karena dihempas ombak ribuan kali dari waktu ke waktu. Jadi beruntung bagi pribadi  yang mau bersabar , karena telah menambah kekuatan dirinya dari hantaman permasalahan tidak mengenakan dari waktu ke waktu. Sebenarnya penambahan kekuatan tersebut akibat ke beserta-an ALLAH bersamanya.....

 

Karena ALLAH telah berjanji bahwa Beliau akan beserta orang-orang yang sabar

 

Sikap sabar akan menghasilkan kekuatan......hati anda pasti mengharap kekuatan yang ditimbulkan bersumber dari Nya, namun mengapa kebanyakan orang, dirinya sedikit sekali mau bersabar namun mengharap kekuatan yang luar bisa dari Tuhan nya. Padahal kalau mau mencermati kekuatan sabar dalam kumpulan kisah perperangan zaman Rasulullah betapa takjub kita melihat bahwasanya kekuatan mereka bisa memenang kan perperangan walaupun secara phisik kekuatan lawan melebihi  3 kali kekuatan nya.....pesan Rasullah sederhana ..”bersabarlah”.....karena Allah akan bersama orang-orang yang sabar.

 

Setiap hari, kita dihadapkan pada kejadian-kejadian yang tidak meng-enakan dihati...apakah itu cobaan... ujian...teguran dari Nya

 

Setiap kejadian, peristiwa didunia ini pasti sudah se izin Allah, apakah wajar kita berstatus “hamba” mensikapi segala sesuatu menolak, marah-marah yang sudah seizin Allah? Alangkah sombongnya kita...akibat kurang mengerti semua ini.

 

Begitu kejadian hebat menimpa kita, sikap kita yang pertama adalah menerima dulu dengan hati yang ikhlas...legowo...lapang dada

 

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa kesabaran itu ada batasnya, Ini ungkapan berdasarkan keterbatasan kemampuannya untuk menahan yang tidak mengenakan dihatinya.

 

Tetapi itu adalah ungkapan yang perlu diperiksa lagi kebenaran hakekatnya. Karena, bahkan diluar sana hantaman, cercaan dari atasan kantornya terkadang dirinya  seolah-olah mampu menerimanya kenyataan tersebut tetapi sebaliknya sedikit saja hidangan sayur kurang garam sedikit saja, seisi rumah habis disemprotnya. Adilkah sikap yang demikian? Ada rasa segan dan tak segan terkadang kemampuannya untuk bersabar jadi tidak jelas. Oleh karena itu tempat yang tepat kalau kesabaran itu dibangun mulai dari rumah dulu,....bagaimana kalau anda bisa bersabar menghadapi istri yang lemah, anak yang nakal, mertua yang judes, pembantu yang kurang tangkas. Pelan 2 berangsur  belajar sabar menghadapi luar rumah...tetangga yang usil, jalan yang macet, kendaraan yang pesakitan. Dan seterusnya.... 

 

Mampu menerima dengan ikhlas segala yang tidak enak dihati....merupakan proses latihan seseorang mulai dari yang paling sederhana dulu. Karena kekuatan itu terbentuk dari proses latihan tersebut. Begitu kita niat untuk menjadi pribadi yang sabar, lalu belajar menghadapi kejadian2 yang tidak mengenakan dihati, jangan heran setelah itu Tuhan langsung menurunkan Ujian/Cobaan untuk menguji hambaNya dengan mengirimkan soal-soal tentang kejadian-kejadian yang tidak mengenakan.  Semakin kuat tekadnya menuju arah kesabaran tersebut semakin besar pula ujian datang dari Nya yang harus ditempuhnya. Sesungguh kekuatannya pun sebetulnya kian bertambah karena kebersertaan Allah sudah semakin nyata dengan dirinya. Bukan semata karena kemampuannya bertambah tetapi kebersertaan Allah yang semakin dekat membuat dia semakin kuat menahan gejolak-gejolak yang ada.  

 

Inginkah Anda menjadi pribadi-pribadi  “Penyabar” ??? 

 

Prinsip pertama untuk pencapaian keberhasilan adalah keinginan, yaitu keinginan untuk mencapai sesuatu yang bernilai.Inginkanlah sesuatu yang mulia, yang penting dan yang bernilai disisa hidup ini; yaitu menjadi Pribadi Penyabar...karena keinginan itu sebetulnya sudah ditanamkan oleh Tuhan dihati setiap insan yang terlahir didunia ini dan itu merupakan keinginan fitrah yang akan memulai menjadi pribadi-pribadi yang mulia disisi Nya. 

 

Namun dalam pilihan keinginan perlu anda cermati dengan hati2. Karena, Anda hanya akan menjadi hina jika keinginan tersebut diperdaya nafsu yang tidak terkendali, dan akan menjadi mulia jika keinginan tersebut sesuai keinginan dan ridhoNya . 

 

Berdoalah .....“Tuhan mohon izin dan ridhoMu.... aku diberikan hati yang kuat dada yang lapang untuk menerima kejadian-kejadian yang tidak mengenakan dihati ini”.

 

Lalu bersegeralah berlaku sebagaimana Anda harusnya berlaku. Berani menghadapi dan mau menerima segala hal yang tidak mengenakan dihati.     Latihlah diri kita dalam kesungguhan yang sangat setiap menjumpai kejadian yang tidak mengenakan , terimalah dengan ikhlas, lalu berserah diri kepada Nya dan lihat apa yang terjadi.....Anda dan saya hanya bisa saling nasehat menasehati untuk menjadi apa yang dicintai Tuhan, beruntunglah bila ada yang bersedia melakukan apapun yang diperlukan untuk menjadi Pribadi yang mulia ini.  

 

Janganlah Anda kecilkan nilai dari keinginan-keinginan untuk menjadi suatu kemuliaan disisi Tuhan, hanya karena orang lain melihat keinginan Anda sebagai  impian di siang hari yang sulit untuk dilakukan. Katakanlah kepada mereka yang kurang cukup mengerti itu, bahwa SABAR itu hakikinya adalah bukti seorang “hamba” menghormati “Tuhan” yang menciptakannya. 

 

Tuhan Yang Memiliki dari segala sesuatu yang ada diantara langit dan bumi, Tuhan pula yang mengizinkan segala apapun bentuk kejadian didunia ini, artinya Semua yang sudah terjadi pasti sudah seizin Allah.Tuhan Yang memiliki segala sesuatu didunia ini telah mengizinkan segala apapun kejadian .

 

Apakah wajar kita sebagai hamba menolaknya, kesal bahkan marah-marah ..??? dimana rasa hormat, rasa malu rasa takut kita sebagai hamba ?........Subhanallah............

 

Contoh Istri Marah2 dirumah: Istri Milik Allah, Istri marah2 sudah se izin Allah.... Allah yang memilikinya sudah mengizinkan dia marah2 apakah wajarkah kita kesal, menolak atau menghindar..????

 

Solusi: kita harus terima dulu dengan ikhlas walau tidak mengenakan dihati.....itulah hakekat “Sabar”....,  Lalu ucapkan kedalam hatimu .... Tuhan...dia itu milik Mu dan dia marah2 sudah seizin Mu, Engkau yang memilikinya saja sudah mengizinkan dia marah2 apakah wajar aku menolak semua ini. Terima kasih Tuhan..Engkau telah melatihku mengujiku untuk menjadi pribadi yang sabar.  Disini kita harus berprasangka baik atas kebersamaan Allah untuk orang yang sabar, sebagaimana janji Allah dalam QS Al-Baqarah 153 bahwa sesungguhnya Allah bersama orang2 yang sabar... Apun masalahnya bagi orang2 yang sabar, pasti terselesaikan karena Allah bersama dia.  Jika stuasinya sudah reda selesaikan dengan cara2 yang baik Insya Allah anda dipihak yang Benar. Karena kebenaran itu datangnya semata-mata dari Allah. Itulah buah dari “kesabaran”.

 

Marilah sama-sama kita pelajari untuk saling mengerti bahwasanya kita hidup didunia ini berstatus “hamba” dan dengan tulus ikhlas mengabdikan diri kepada “Tuhan” yang telah menciptakan . Sewajarnya kita harus menyadari terciptanya kita adalah dari campuran air yang hina dan lemah tiada daya, dan sewajarnya pula merendahkan diri dan selalu patuh dibawah perintahNya. Agar jadi pribadi yang dicintai dan berkekuatan berusahalah berdekat-dekatan dengan Sang Maha Kuasa, jalannya yaitu raihlah prediket Pribadi yang selalu Sabar.

 

Allah mencintai orang-orang yang sabar........, kebersertaan tersebut yang menghantar kan kita jadi hamba termuliakan dan dititipkan kekuatan dari Nya. Demikian cara Allah mengangkat derajat hambanya yang sudah dicintaiNya...yang hina jadi mulia...yang lemah jadi berdaya..hanya saja kita yang belum benar-benar mengerti mekanisme Allah Mengasihi dan Menyayangi hambanya.

 

Sabar menerima kejadian apapun yang menimpa, sabar dalam menyelesaikannya dan sabar pula menerima apapun ketetapan  akhir dariNya.

 

Dikala niat dan doa seorang hamba hijrah ke Pribadi Sabar....disaat itu Allah menjawab doanya dengan menggiring permasalahan2 yang tidak meyenangkan dihati.. dan kita harus kosekuen mensikapinya...mulailah kita ikhlas menghadapi permasalahan tersebut sebagai latihan pembelajaran kesabaran. Orang yang konsekuen jika haus sewajarnya minum air...bukan makan nasi, kalau ingin berenang jangan menghelak untuk tidak basah, Dan kalau menjadi Pribadi yang sabar hadapi kejadian yang tidak mengenakan dihati, bukan menghelak atau marah2 lagi.

 

Kesuksesan selanjutnya ditentukan kesungguhan dan semangat untuk mencapai sesuatu yang bernilai mulia ini. Berlakulah senantiasa terus dan terus bersabar dimanapun dan kapanpun. Sampai merasakan suatu keyakinan tinggi bahwa Allah akan memberi perubahan sesuai upaya yang sungguh2 dilakukan hambaNya. 

 

Bersyukurlah...dan katakan....Terima kasih Tuhan......Engkau telah izinkan kehadapan kami atas permasalahan yang tidak menyenangkan dihati ini,...sebagai proses pembelajaran hamba menuju pribadi sabar...karena Engkau Maha Baik ingin berserta hamba-hamba pribadi yang mau bersabar...........Alhamdulillah.....

 

Jalan menjadi Pribadi Sabar

 

Kita tidak usah berfikir apakah kelak akan bisa menjadi Pribadi Sabar atau sebaliknya, sebab hasil akhir sebuah upaya seorang hamba adalah Hak Mutlak Allah Yang Menentukan !!!

 

Yang terpenting..dalam menuju menjadi pribadi yang sabar adalah Tumbuhkan keinginan bernilai mulia dalam diri anda dengan Niat yang ikhlas, berdoalah...penuh harap kepadaNya dan segeralah lakukan upaya yang sungguh-sungguh untuk menghadapi kejadian apapun yang tidak mengenakan dihati....lalu lihat apa yang terjadi.

 

Tuhan......................Engkaulah yang memiliki Kerajaan

 

Engkau beri kerajaan kepada orang-orang Engkau kehendaki

 

Engkau cabut kerajaan tersebut dari orang-orang Engkau kehendaki

 

Engkau beri kemuliaan kepada orang-orang Engkau kehendaki

 

Engkau beri kehinaan kepada orang-orang Engkau kehendaki

 

Sesungguhnya ditangan Engkaulah segala kebajikan

 

Engkaulah Maha menguasai segala sesuatunya.........

 

Ya...Allah jadikanlah aku bersabar terhadap semua cobaan Mu, limpahkanlah kepadaku rahmat dan berkat-Mu dan kekalkanlah cinta Mu kepadaku...........  Apabila tersadar dari keterlenaannya tahulah akan kesalahannya itu. Amiin...... 

Jadwal Pengajian seluruh cabang Ridho Allah untuk sementara di liburkan selama bulan Ramadhan. Aktifitas di saung setiap hari selama bulan Ramadhan: Ifthar, Sholat Magrib, Shalat Isya, Tarawih Berjamaah & Tadarus Qur'an
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437H, Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita di bulan Ramadhan dan mempertemukan kita dengan Ramadhan tahun depan
iklan1
iklan 2
iklan3
Wednesday the 13th. Keluarga Besar Ridho Allah 2013